Bismillaahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum Wr Wb,

Marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, atas segala berkah dan karunia-Nya kita dapat kembali berkumpul, bersilaturrahmi dalam keadaan sehat wal afiat untuk melaksanakan hajat empat tahunan yaitu berupa MUSYAWARAH WILAYAH APTIKOM WILAYAH IV JAWA BARAT DAN BANTEN.

Muswil kali ini merupakan yang ke-2 setelah Muswil ke-1 yang dilaksanakan pada tanggal 21 Maret 2007 di Kampus Universitas Widyatama Bandung. Atas dukungan penuh Bapak Rektor UNIKOM dan segenap jajarannya, Muswil ke-2 dapat kita laksanakan pada hari ini, Rabu 21 Juli 2010 bertempat di Auditorium Kampus UNIKOM.

Bapak/Ibu/Sdr. Yang kami hormati

Pada kesempatan yang berbahagia ini, APTISI Wilayah IV Jawa Barat mengucapkan selamat bermusyawarah, semoga melalui Muswil ke II ini menjadikan APTIKOM Wilayah IV lebih dinamis dan harmonis serta melahirkan pemikiran-pemikiran yang inovativ dari para pengurus dan anggotanya untuk mengantarkan lebih banyak lagi perguruan tinggi informatika dan komputer di wilayah Jabar-Banten menjadi perguruan tinggi yang berprestasi di tingkat internasional.

Berkat tiga prinsip / filosofi landasan utama kerja yang kami terapkan yaitu (1) Menyehatkan ke dalam dan memberi manfaat keluar, (2) Dalam menjalankan aktivitas atau kegiatan selalu ada Host (tuan rumah) dalam hal ini Perguruan Tinggi Anggota Aptikom sebagai OC (Pelaksana) dan dipayungi oleh Aptikom Wilayah sebagai SC (pengarah) dan (3) Merapat sebagai mitra Industri maupun Government, syukur Alhamdulillah roda organisasi dan kegiatan-kegiatan Aptikom Wilayah IV dapat berjalan dengan baik dan lancar, walaupun di tengah keterbatasan pendanaan, SDM dan Infrastuktur.

Empat Aspek kerangka fikir pengembangan Aptikom Wilayah IV yang coba kami petakan yaitu Aspek ke-1 Sosialisasi, dengan indikator Aptikom sudah dikenal (walau masih muncul pertanyaan seberapa dikenal), sudah memiliki badan hukum (legalitas) melalui Pengurus Pusat, sudah memberikan kontribusi pada kegiatan eksternal; Aspek ke-2 Konsolidasi, dengan indikator terbentuknya kepengurusan wilayah, kepengurusan Komisariat, ter-letakannya fondasi / dasar-dasar keorganisasian, kerjasama kepanitiaan, kerjasama penyusunan kebijakan, koordinasi fungsi antar pusat dan wilayah; Aspek-3 Kolaborasi, dengan indikator kerjasama peningkatan kualitas, kerjasama sumber daya; Aspek-4 Konvergensi, dengan indikator satu standar kesepakatan bersama, satu pedoman, akan menjadi kerangka acuan pengelolaan dan pengembangan Aptikom Wilayah IV baik kini maupun di masa yang akan datang.

Kepengurusan periode perdana (periode 2007-2010) sudah barang tentu pada umumnya sebuah organisasi yang baru tumbuh dan berkembang, program-program yang di susun dan pada akhirnya dapat direalisasikan sebagian besar masih pada konsolidasi organisasi secara internal. Penataan organisasi seperti pembentukan Pengurus Wilayah, pemberdayaan pengurus wilayah, pembentukan komisariat, pemberdayaan komisariat masih menjadi konsen yang dominan.

Pada kepengurusan periode berikutnya (2010-2014) diharapkan fondasi / dasar organisasi sudah kokoh sehingga dapat dijadikan sebagai pijakan yang kuat bagi pengembangan program-program kerja yang disusun ke arah kualitas dan prestasi. Baik kualitas Institusi, Program Studi, Mahasiswa, Lulusan, Dosen dan segenap sivitas akademiknya. Selain kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Wilayah, pada periode kepengurusan berikutnya program / kegiatan akan bertumpu pada program / kegiatan yang dilaksanakan oleh Komisariat karena Komisariat merupakan ujung tombak yang dapat mencerminakan potensi anggota.

Muswil ke-2 kali ini mengusung tema "PEMBELAJARAN KOLABORATIF DAN STANDARDISASI PEMBELAJARAN SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN MUTU SERTA DAYA SAING PERGURUAN TINGGI INFORMATIKA WILAYAH IV JAWA BARAT DAN BANTEN".

Pembelajaran kolaboratif dan standardisasi pembelajaran di harapkan dapat menjadi fondasi / dasar dan simbol bagi pencapaian kualitas dan prestasi perguruan tinggi anggota Aptikom wilayah IV Jawa Barat dan Banten di masa yang akan datang.

Saat ini Aptikom wilayah IV memiliki anggota sekitar 156 PT merupakan wilayah dengan anggota terbesar, 25.2% dari populasi PT bidang Informatika dan Komputer Indonesia. Sudah barang tentu memiliki potensi yang sangat besar dan turut mewarnai perjalanan keilmuan bidang informatika dan komputer baik masa lalu, kini dan di masa yang akan datang.

Melalui kesempatan yang berbahagia ini ijinkan kami mengucapkan rasa terima kasih kepada Yth. Sdr. Rektor Unikom beserta jajarannya yang telah memfasilitasi acara muswil ke-2, Segenap Panitia Muswil ke-2 yang telah bekerja keras, kepada Para Pembicara yang sudah meluangkan waktu dan fikirannya, kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat yang telah menjadikan Aptikom sebagai mitra kolaborasi, Kopertis Wil-4, Aptisi Wil-4a Jawa Barat, Aptisi Wil-4b Banten atas sambutan, dukungan dan kehadirannya, CISCO Indonesia yang telah mendukung penuh acara ini, PT. Telkom, Rektor Univ.Widyatama, Rektor IT Telkom, Direktur Politeknik Telkom yang telah bersedia ikut serta dalam program Implementasi e-Bursa Aptikom, Sdr. Ketua Pengurus Pusat dan Jajarannya atas dukungannya, serta semua pihak yang tidak mungkin disebutkan satu persatu.

Akhirnya kami atas nama pribadi dan pengurus wilayah IV memohon maaf yang sebesar-besarnya jika selama kami mengemban amanah sebagai pengurus Wilayah terdapat hal-hal yang tidak berkenan di hati Bpk/Ibu/Sdr. sekalian.

Selamat mengikuti Seminar dan Muswil ke-2 semoga ada guna dan manfaatnya serta semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan perlindungan kepada kita semua. Amin.

Wassalamu'alaikum Wr Wb,




Prof. Dr. Iping Supriana Suwardi, DEA.
Ketua APTIKOM Wilayah IV