Assalamu'alaikum Wr Wb,

Salam sejahtera teriring do'a untuk Kita semua yang hadir dalam acara MUSYAWARAH WILAYAH KE-2 APTIKOM WILAYAH IV JAWA BARAT DAN BANTEN, semoga Allah SWT melimpahkan barokah rizky dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk kelangsungan hidup dan peradaban manusia melalui pendidikan yang bermartabat. Perkenankan saya atas nama teman-teman pengelola PTS se Wilayah Banten menyampaikan beberapa pikiran dan perasaan dalam kesempatan ini sebagai curah pendapat memikirkan kemajuan dan keberlangsungan PTS Wilayah Jabar dan Banten.

Seperti yang kita pahami bahwa Pendidikan Tinggi merupakan satuan pendidikan yang memiliki fungsi penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi, sebagai bagian dari wadah pembentukan karakteristik, keterampilan serta kemartabatan sumber daya manusia. Sistem penyelenggaraan pendidikan tinggi di Indonesia memiliki peranan dalam membangun tingkat pengetahuan (knowledge) masyarakat terhadap bidang ilmu, mengembangkan standar keahlian (skill) serta membentuk kepribadian (attitude) sebagai identitas insan Indonesia.

Sejalan dengan tingginya kebutuhan peningkatan kualitas sumber daya manusia, khususnya di bidang pendidikan tinggi, telah mampu menjadi motivasi bagi menjamurnya pertumbuhan lembaga pendidikan di Indonesia. Penyebaran lembaga pendidikan tinggi yang terus meningkat pada setiap Provinsi di Indonesia, memberikan konsekuensi bagi penguatan sistem koordinasi kelembagaan. Pengembangan sistem koordinasi ini ditujukan bagi terbentuknya kesatuan arah kebijakan pendidikan yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi untuk mencapai tujuan Pendidikan Nasional. Pada sisi lain, beragam kebijakan strategis pemerintah dalam melakukan penataan ulang sistem penyelenggaraan pendidikan tinggi, patut diimbangi dengan membangun kesadaran dan kesepahaman para penyelenggara pendidikan. Oleh karena itu, terbentuknya penguatan wadah penyelenggara pendidikan tinggi menjadi suatu keharusan dalam rangka membangun kesatuan arah kebijakan serta komunikasi proses penyelenggaraan pendidikan yang senantiasa mengalami perubahan secara dinamis.

Provinsi Jawa Barat dan Banten, mengalami perkembangan dunia pendidikan yang sangat tinggi. Kondisi ini dipengaruhi pula oleh tingkat kebutuhan sumber daya manusia dalam partisipasi pelaksanaan program pembangunan. Pertumbuhan ini tentu menjadi agenda besar dalam mengembangkan pola pembinaan yang intensif bagi penguatan arah penyelenggaraan pendidikan yang berbasis pengembangan kompetensi kebutuhan pembangunan daerah Jawa Barat dan Banten. Sehingga sudah sewajarnya dan seharusnya apabila APTIKOM Jawa Barat dan Banten lebih luas berkiprah menuju kemandirian dalam mengelola Peluang dan Tantangan yang akan dihadapi Perguruan Tinggi di Jawa Barat dan Banten dengan memanaj Kekuatan dan Kelemahan yang dimiliki.

Tentunya perasaan yang gembira dan berbahagia atas nama Pengurus APTISI Wilayah IV-B Banten sangat menyambut baik MUSYAWARAH WILAYAH KE-2 APTIKOM WILAYAH IV JAWA BARAT DAN BANTEN dengan memilih tema : "PEMBELAJARAN KOLABORATIF DAN STANDARISASI PEMBELAJARAN SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN MUTU SERTA DAYA SAING PERGURUAN TINGGI INFORMATIKA WILAYAH IV JAWA BARAT DAN BANTEN", yang merupakan forum tertinggi organisasi dari Perguruan Tinggi Ilmu Komputer dalam menentukan nasib bagi penyelenggara pendidikan tinggi swasta di Indonesia yang memiliki fungsi perhimpunan dan wadah kerjasama kelembagaan yang bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan, pembinaan dan pengembangan pendidikan tinggi agar mampu menjadi institusi terdepan dalam menghasilkan sumber daya manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, memiliki kemampuan profesional yang tinggi dalam usaha pengembangan dan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berguna bagi peningkatan derajat hidup kemanusiaan dengan semangat kemandirian.

Selamat melaksanakan MUSYAWARAH WILAYAH KE-2 APTIKOM WILAYAH IV JAWA BARAT DAN BANTEN dengan bekerja dan bermitra secara berkelanjutan dengan APTISI Wilayah IV-B Banten, semoga sukses.

Wassalamu'alaikum Wr Wb,




H. Mas Iman Kusnandar
Ketua APTISI Wil. IV-B Banten