Rekan-rekan Aptikom yang kami cintai,

Pertama-tama marilah kita semua sebagai umat beriman memanjatkan puji dan syukur kepada Sang Maha Pencipta, yang oleh karena rahmat dan ridho-Nya lah kita semua dapat berkumpul dalam acara yang sangat membanggakan ini. Selamat datang dan salam sejahtera kami ucapkan kepada seluruh anggota delegasi dari beragam perguruan tinggi yang tersebar di Wilayah Jawa Barat, Banten, dan sekitarnya.

Seperti kita ketahui bersama, Bangsa Indonesia saat ini sedang berbenah dan bekerja keras untuk dapat meningkatkan daya saingnya dalam era globalisasi yang penuh dengan tantangan ini. Dalam berbagai media massa dapat terlihat bagaimana geliat dunia pendidikan dan industri teknologi informasi telah terjadi di semua lini kehidupan sehingga membawa dampak yang signifikan dan cenderung mencengangkan dalam berbagai lapisan kehidupan masyarakat, seperti pada sektor: pemerintahan, kesehatan, manufaktur, telekomunikasi, pendidikan, perbankan/keuangan, distribusi, militer, jasa-jasa, dan lain sebagainya. Fenomena perubahan tersebut terlihat cukup banyak dilakukan dan didominasi oleh para generasi muda yang kreatif dan inovatif, dibantu melalui pendampingan yang efektif dari mereka yang telah berpengalaman dalam memajukan dunia bisnis, pendidikan, dan pemerintahan. Tentu saja kenyataan ini merupakan hal yang sangat membanggakan dan membesarkan hati bagi komunitas perguruan tinggi, sebagai salah satu tulang punggung dan "kawah candradimuka" penghasil manusia yang unggul dan berkualitas.

Sebagai sebuah institusi yang bertanggung jawab terhadap dihasilkannya lulusan yang berkompeten di bidang ilmu komputer dan informatika, dengan berbekal pada model kompetensi berbasis logika, etika, dan estetika, perguruan tinggi bertanggung jawab penuh dalam merumuskan standar proses belajar mengajar yang tepat dan efektif. Dalam konteks inilah maka pertemuan yang mengambil tema dan bertujuan untuk saling berbagai pengalaman dan pikiran membahas masalah perumusan model dan standar pembelajaran yang kolaboratif sangatlah tepat dan sudah lama ditunggu-tunggu komunitas informatika di seluruh wilayah tanah air. Hal ini selaras pula dengan semangat reformasi yang sedang dilakukan oleh Kementrian Pendidikan Nasional melalui Badan Standar Nasional Pendidikan yang sedang menyusun dan mengembangkan standar proses belajar mengajar di perguruan tinggi.

Pengalaman memperlihatkan bahwa semakin banyak pihak berkepentingan yang bertekad untuk bertemu dalam rangka membicarakan dan memecahkan masalah bersama, terutama yang didorong dengan semangat serta etika akademik, akan menghasilkan rumusan pemikiran yang semakin lengkap, komprehensif, dan berkualitas. Untuk itulah maka seluruh anggota Aptikom se-Indonesia sangat berharap akan adanya suatu hasil konsensus maupun buah pikiran berdaya guna yang keluar dari perhelatan Musyawarah Wilayah yang diselenggarakan oleh Aptikom Wilayah-IV ini.

Atas nama Pengurus Aptikom Pusat, dan segenap rekan-rekan dari wilayah lain, perkenankanlah kami mengucapkan "Selamat Bermusyawarah" kepada seluruh komunitas perguruan tinggi yang bernaung di bawah Aptikom Wilayah Jawa Barat, Banten, dan sekitarnya. Semoga yang terbaik selalu menyertai perjalanan karya Aptikom Wilayah-IV dalam memberikan sumbangan berharga bagi tanah air tercinta ini...

Salam Hormat,




Prof. Richardus Eko Indrajit
Ketua Aptikom Pusat