Kegiatan Ini Terselenggara Atas Kerjasama:

Logo AptikomLogo UNIKOM

LATAR BELAKANG

Secara resmi perjalanan Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) Wilayah IV Jawa Barat dan Banten di mulai dengan ditandai perhelatan Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-1 pada tanggal 21 Maret 2007 bertempat di Universitas Widyatama Bandung.

Dalam kurun waktu kepengurusan periode perdana ini sudah barang tentu pada umumnya sebuah organisasi yang baru tumbuh dan berkembang, program-program yang di susun dan pada akhirnya dapat direalisasikan sebagian besar masih pada konsolidasi organisasi secara internal. Penataan organisasi seperti pembentukan Pengurus Wilayah, pemberdayaan pengurus wilayah, pembentukan komisariat, pemberdayaan komisariat masih menjadi konsen yang dominan.

Pada kepengurusan periode berikutnya diharapkan pondasi / dasar organisasi sudah kokoh sehingga dapat di jadikan sebagai pijakan yang kuat bagi pengembangan program-program kerja yang di susun ke arah kualitas dan prestasi. Baik kualitas Institusi, Program Studi, Mahasiswa, Lulusan, Dosen dan segenap sivitas akademiknya.

Pembelajaran kolaboratif dan standarisasi pembelajaran di harapkan dapat menjadi pondasi / dasar dan simbol bagi pencapaian kualitas dan prestasi perguruan tinggi anggota Aptikom wilayah IV Jawa Barat dan Banten di masa yang akan datang.

Saat ini Aptikom wilayah IV memiliki anggota sekitar 156 PT merupakan wilayah dengan anggota terbesar, 25,2% dari populasi Perguruan Tinggi bidang Informatika dan Komputer Indonesia. Sudah barang tentu memiliki potensi yang sangat besar dan turut mewarnai perjalanan keilmuan bidang informatika dan komputer baik masa lalu, masa kini dan di masa yang akan datang.

Oleh karena itu muswil ke-2 kali ini mengambil tema sentral mengenai:

Pembelajaran Kolaboratif dan Standardisasi Pembelajaran sebagai Media Peningkatan Mutu Serta Daya Saing Perguruan Tinggi Informatika Wilayah IV Jawa Barat dan Banten

Dengan tema tersebut diharapkan dapat mengantarkan Aptikom Wilayah IV Jawa Barat dan Banten ke masa depan yang lebih baik.

Seminar dan Muswil akan dilaksanakan pada :
Hari: Rabu
Tanggal: 21 Juli 2010
Pukul: 08.30 - 21.00 wib.

Bertempat di kampus UNIKOM, Jl. Dipati Ukur No. 112 -114 Bandung

MAKSUD DAN TUJUAN

Kegiatan Muswil ke-2 ini mempunyai maksud :

  1. Sebagai ajang silaturrahmi diantara Perguruan Tinggi anggota Aptikom Wilayah IV
  2. Sebagai ajang sharing diantara sesama anggota
  3. Mencari rumusan pembelajaran kolaboratif dan implementasinya
  4. Mencari rumusan standardisasi pembelajaran dan materi ajar (courseware)

Sedangkan tujuan Muswil adalah :

  1. Diperolehnya rumusan mengenai gambaran strategi pembelajaran kolaboratif
  2. Diperolehnya rumusan mengenai strategi penyusunan standardisasi pembelajaran dan materi ajar (courseware)
  3. Diperolehnya rumusan mengenai peningkatan mutu serta daya saing perguruan tinggi informatika wilayah IV Jawa Barat dan Banten
  4. Di perolehnya kepengurusan baru Aptikom Wilayah IV Jawa Barat dan Banten periode 2010-2014